sejarah grafika komputer
• Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.
• 1961: Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer.
• 1963 : - ditermukan Sutherland (MIT)
- Sketchpad (manipulasi langsung, CAD)
- Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector)
- Mouse oleh Douglas Englebert
• 1968 : ditemukan Evans & Sutherland.
• 1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan
• 1970: Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier.
• 1971: ditemukan Gouraud Shading,
• 1972: ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer.
• 1974: Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing
• 1976: Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping.
• 1977: Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
• 1979: Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star.
• Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime.
• 1982: Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel.
• 1984: Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter.
• 1986: Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
• 1989: Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.
• 1995: Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama
• Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
• Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.
Pengertian Grafika Komputer
Grafik Komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.Istilah ”Grafik Komputer” ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : Pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi.
Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif :
– Masukan : mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream, dll
– Proses dan Penyimpanan
– Keluaran : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll
Sistem interaktif grafik pertama, Sketchpad, ditemukan oleh Ivan Sutherland (1963) di MIT.
Revolusi lingkungan komputer grafik
Konteks Grafik :
• Grafik sebagai kunci kemampuan teknologi dalam evolusi lingkungan komputasi :
– Graphical User Interfaces (GUI)
– Komputasi Visual, contoh desktop publishing, visualisasi scientific, visualisasi informasi
• Revolusi perangkat Hardware
– Setiap 12-18 bulan, kemampuan komputer meningkat dua kali lipat dalam hal harga/performance – Hukum Moore
• 3Com Palm organizers, Compaq I-Paq sebagai PC utuh
• Hallmark singing card, LeapFrog Pad
– Memory grafik dan kecepatan jaringan meningkat secara eksponensial
• Graphics chips meningkat setiap 6-9 bulan (contoh : Sony Playstation 2, nVidia GeForce FX, Nintendo GameCube, Microsoft Xbox)
Kegiatan yang terikat dengan grafik komputer :
Pemodelan geometris: menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
Rendering: memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
Animasi: Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu
Kerangka Grafik komputer interaktif
Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (Graphics System)
Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
Dasar matematika yang diperlukan dalam grafik komputer :
– Geometry (2D, 3D)
– Trigonometry
– Vector spaces
• Points, vectors, dan koordinat
Elemen warna dalam pembentuk Grafik :
True Color
Indexed Color
High Color
Macam – macam koordinat Sistem Grafik Komputer :
Koordinat sistem Jendela / Layar Monitor
Koordinat sistem Framebuffer OpenGL
Penerapan Grafika Komputer Dalam Kehidupan Sehari – hari
Pada Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll. Namun pada saat ini penerapan Grafika Komputer semakin banyak digunakan yang manfaatnya bisa dirasakan semua kalangan misalnya Anak-anak menggunakan komputer grafik sebagai console dari games : VR games dan petualangan (contoh : Aladdin, Pirates of the Caribbean, LBEs) dengan HMD and force-feedback input devices.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar